LAPORAN SINGKAT PELATIHAN INSTRUKTUR NASIONAL BAGI KEPALA SEKOLAH PROVINSI SUMSEL TAHUN 2018

  • 0

LAPORAN SINGKAT PELATIHAN INSTRUKTUR NASIONAL BAGI KEPALA SEKOLAH PROVINSI SUMSEL TAHUN 2018

Category : Bahasa Arab

Dedi Supriyanto, M.Pd.
Widyaiswara PPPPTK Bahasa

Pada tanggal 7-12 Mei 2018 PPPPTK Bahasa menyelenggarakan Pelatihan Instruktur Nasional Kurikulum 2013 bagi Kepala Sekolah Provinsi Sumatera Selatan di Hotel Azza, Palembang, Sumsel. Program ini merupakan salah satu kegiatan -tugas pokok dan fungsi (tupoksi)- PPPPTK Bahasa dalam meningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Kegiatan tupoksi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pelatihan kurikulum 2013 untuk mencetak instruktur nasional khususnya dari kalangan kepala sekolah SD dan SMP yang kemudian mereka akan menyampaikan dan mengimbaskan hasil pelatihan kepada kepala sekolah sasaran di wilayah kerja masing-masing.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 6 hari dengan pola 60 jam pelajaran (JP). Secara umum materi pelatihan ini terdiri dari dinamika perubahan kurikulum, manajemen implementasi kurikulum, dan supervisi akademk.

Selain itu dalam pelatihan ini terdapat tiga kelas bagi kepala SD dan satu kelas bagi kepala SMP. Di setiap kelas terdapat dua narasumber atau widyaiswara yang memandu kegiatan ini hingga akhir kegiatan. Khusus kelas A yang berjumlah 29 peserta kepala SD dipandu oleh Bapak Dedi Supriyanto, M.Pd. dan Ibu Dwi Puspitasari, M.Pd. yang merupakan widyaiswara dari PPPPTK Bahasa. Peserta kelas A berasal dari kota Palembang dan beberapa kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan sedangkan tim panitia secara keseluruhan adalah karyawan PPPPTK Bahasa Jakarta. Mereka adalah Bapak Agus Rohmani, Ibu Fausta, Ibu Aminatun, Ibu Ima, Bapak Wielfred, dan Bapak Suprihatin.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala PPPPTK Bahasa, Dr. Hj. Luizah F. Saidi, M.Pd. didampingi oleh Kepala Seksi Evaluasi,  Bapak H. Delfian, S.Sos. Adapun pada akhir kegiatan ditutup oleh Kepala Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi, Bapak Drs. Samto, M.A. Semangat dan sukses instruktur nasional kurikulum 2013!


Leave a Reply