ADA KEMDIKBUD DI MALAYSIA

  • 0

ADA KEMDIKBUD DI MALAYSIA

Category : Artikel Umum

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyadari, guru merupakan garda depan sebagai penyedia layanan pendidikan. Guru laksana oase bagi siswa yang memerlukan ilmu. Oleh karena itu, guru senantiasa harus selalu ditingkatkan kualitas dan kompetensinya agar kualitas pembelajaran yang disajikan juga semakin berkualitas mengingat bahwa hal itu berdampak masif terhadap siswa. Peningkatan kompetensi guru tersebut dapat dilakukan melalui lokakarya (workshop), bimbingan teknis, dan diklat peningkatan kompetensi guru (PKG). Guru yang ditingkatkan kompetensinya pun bukan hanya guru yang mengajar di sekolah di dalam negeri melainkan juga guru yang mengajar di sekolah Indonesia di luar negeri (SILN), tidak terkecuali sekolah Indonesia di Malaysia. Tentu, hal ini berbasis secara yuridis pada Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa negara berkewajiban melaksanakan penyelenggaraan pendidikan wajib belajar sembilan tahun untuk setiap warga negara baik yang tinggal di dalam wilayah NKRI maupun di luar negeri. Ada tiga jenis kegiatan yang dihelat untuk meningkatkan kompetensi guru. Pertama adalah Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru (PKG) Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) se-Malaysia. Pelatihan ini menyegarkan guru terhadap perkembangan ilmu dan metode baru pengajaran juga informasi kebijakan pendidikan nasional. Pelatihan PKG merupakan yang kali ketiga sejak 2015.

Kegiatan kedua adalah lokakarya peningkatan kompetensi guru, yang dilandasi oleh keyakinan bahwa guru-guru SILN pun perlu penyegaran pengetahuan kekinian dan keterampilan baru menuju pembelajaran yang lebih berorientasi kepada siswa. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan pengajaran guru di dalam kelas yang berafiliasi pada inovasi dan daya kreativitas yang tinggi dan membekali mereka dengan kompetensi pedagogis, profesional, sosial, dan kepribadian, meningkatkan kompetensi guru secara berkelanjutan, memperbaharui dan memperkaya wawasan guru dengan pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran, meningkatkan keterampilan guru dalam mendesain kegiatan pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan melalui berbagai metode, media, serta pendekatan pembelajaran. Materinya meliputi pembelajaran kreatif, pembelajaran jenjang ganda (multigrade), pendidikan karakter, penggunaan TI dalam pembelajaran, dan informasi kebijakan tentang profesi guru.

Program ini juga merupakan upaya pemutakhiran keilmuan guru-guru kita yang mengajar anak-anak Indonesia di Malaysia. Perlu disampaikan, SILN merupakan sekolah yang didirikan oleh Kedutaan Besar RI di suatu negara, dengan standar internasional dan mengikuti sistem kurikulum serta menggunakan bahasa Indonesia dalam aktivitas pembelajaran.

Kegiatan ketiga adalah bimbingan teknis (Bimtek) yang diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan pembelajaran, meningkatkan kinerja serta motivasi guru dalam rangka pembinaan karier, meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan profesi secara berkelanjutan, meningkatkan dan memberikan pemahaman tentang pengelolaan kelas mata pelajaran ganda, dan memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan data pokok pendidikan (dapodik) dan verifikasi dan validasi (verval) dapodik. Dengan adanya bimtek ini diharapkan kualitas pendidikan anak-anak bangsa dapat ditingkatkan melalui guru yang mempunyai kemampuan mengajar dan mendidik.

Selain sebagai wadah untuk memberikan wawasan, pengetahuan, dan penyegaran kepada para guru agar dapat meningkatkan layanan pendidikan lebih optimal, ketiga jenis kegiatan di atas paling tidak dapat dijadikan wahana untuk mempertemukan seluruh guru SILN di Malaysia untuk saling bertukar informasi dan pengalaman sehingga pengetahuan peningkatan kompetensi guru dapat disepakati untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di wilayahnya masing-masing.

Sebagai penutup, perlu disampaikan bahwa setiap tahun peningkatan kualitas guru terus dilakukan dengan sistem evaluasi yang diadakan Atdikbud dan Kemdikbud. Bagaimanapun, anak-anak Indonesia lulusan SILN di Malaysia saat ini telah menunjukkan prestasi dengan banyaknya mereka yang diterima di perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan di luar negeri.

Gunawan Widiyanto


Leave a Reply